Kamis, 01 Desember 2016

Para pembawa Islam di Indonesia.

Sebelum pengaruh Islam masuk ke Indonesia, di kawasan ini sudah ada kontak-kontak dagang, baik dari Arab, Persia, India dan China. Islam secara akomodatif, akulturasi, dan sinkretis merasuk dan punya pengaruh di Arab, Persia, India, dan China. Melalui perdagangan itulah Islalm masuk ke kawasan Indonesia. Dengan demikian bangsa Arab, Persia, India, dan China memiliki andil dalam melancarkan perkembangan Islam di kawasan Indonesia. Diantara pembawa agama Islam tersebut adalah :
1. Gujarat (India), pedagang Islam dari Gujarat menyebarkan Islam dengan bukti-bukti antara lain: ukiran batu nisan gaya Gujarat dan adat istiadat budaya India Islam.
2. Persia, pedagang Persia menyebarkan Islam dengan beberapa bukti antara lain: gelar "Syaikh" bagi raja-raja di Indonesia, pengaruh aliran "Wihdatul Wujud" (Syaikh Siti Jenar) dan pengaruh madzhab Syi'ah (Tabut Hasan dan Husen).
3. Arab, pedagang Arab banyak menetap di pantai-pantai kepulauan Indonesia, dengan bukti antara lain: adanya komunitas Arab dari Oman, Hadramaut, Basrah, dan Bahrain untuk menyebarkan Islam di lingkungan sekitar Sumatra, Jawa, dan Malaka, munculnya "kampong Arab" dan tradisi Arab di lingkungan masyarakat, yang banyak mengenalkan Islalm.
4. China, pedagang dan angkatan laut China (Ma Huan, Laksamana Cheng Ho/Dampo Awang) mengenalkan Islam di  pantai dan pedalaman Jawa dan Sumatera, dengan bukti antara lain: Gedung Batu di Semarang (masjid gaya China), beberapa makam China muslim dan wali yang keturunan China.
Dari beberapa bangsa yang membawa Islam ke Indonesia pada umumnya menggunakan pendekatan cultural, sehingga terjadi dialog budaya dan pergaulan sosial yang penuh dengan toleransi dan saling menghormati.

Sumber : VARIANSA RAMADHAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar